SISWI MAN TARAS BISA MEMBUAT BEDAK, DETERGEN DAN SALEP


EXCELLENT CLASS


Sabtu, 24 Maret 2012 tepat pukul 06.00 wib sebanyak 59 orang siswi kelas XI Unggulan MAN  Tambakberas bersama 6 orang guru pendamping berangkat meninggalkan MAN Tambakberas Jombang menuju ITS Surabaya untuk mengikuti Workshop Technopreneur. Acara ini merupakan rangkaian dari program rutin tiap semester yaitu PIL (Praktek Ilmiah Lapangan) anak-anak unggulan. Setelah sebelumnya tanggal 4 Maret 2012  siswa kelas X-7 mengikuti  worshop di jurusan Fisika ITS, kali ini anak kelas XI IPA-3 dan XI IPA-4 mengikuti  worshop di jurusan Kimia ITS.


Workshop yang bertemakan “Chemistry Solve The Problem of Live” berlangsung dua hari di diikuti oleh 108 siswa dari berbagai sekolah diantaranya SMAN Sooko Mojokerto, SMA Petra, SMK Farmasi dan SMA Hangtuah Surabaya dan yang paling banyak adalah dari MAN Tambakberas. Sessi pertama adalah Pengantar Enterpreneur oleh Bapak Soeharjupri, M.Si. dosen Matematika dan wirausaha. Beliau mengulas tentang tips-tips berwirausaha diantaranya adalah “repeatly and exercise” yaitu ulang-ulang dan latihan.   Para peserta sangat antusias mengikuti pada sessi ini hingga  pukul 11.30.

Kemudian dilanjutkan dengan Ishoma di Masjid Manarul Ilmi ITS. Pukul 13.00 materi tentang keamanan di Lab oleh Bapak Najib Mudaijid, M.Si. beliau secara rinci  menjelaskan tentang penanganan berbagai bahan kimia berbahaya. Kemudian dilanjutkan dengan materi tentang pembuatan bedak gatal, pembuatan salep api yaitu salep untuk kulit terbakar dan lain-lain. Acara selanjutnya adalah Open Lab , yaitu secara berkelompok para siswa mulai praktek membuat bedak gatal dan salep api dibimbing oleh para mahasiswa.

Acara berakhir pukul 16.00 dan para siswa langsung menuju Asrama Haji untuk beristirahat dan bermalam untuk persiapan acara di hari ke 2. Tepat pukul 08.30 rombongan berangkat kembali ke kampus ITS, dan workshop dimulai pada pukul 09.00, dengan materi Wirausaha yang disampaikan oleh Mbak Eka R. Septia salah satu mahasiswi  ITS  yang telah sukses dengan bisnis “Sego Njamur ITS”. Dengan energik ia memaparkan bagaimana ia memulai usahanya dengan teman-temannya dari nol. Materi selanjutnya adalah cara pembuatan deterjen kurang lebih 1 jam dan dilanjutkan dengan praktek di Lab.
Setelah Ishoma materi terakhir adalah demo memasak pembuatan nugged ayam jagung dan nugged jamur yang di presentasikan oleh mahasiswa Tristar University. Acara terakhir adalah penutupan oleh Ibu Fahim, M.Si. salah satu dosen kimia ITS dengan penyerahan cindera mata dan sertifikat kepada perwakilan siswi MAN Tambakberas yang diwakili oleh Ainin Bashiroh siswi kelas XI IPA 4.

Dan tepat pukul 15.00 seluruh siswi meninggalkan kampus ITS menuju bumi Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Selamat dan sukses anak-anak unggulan Mantab Jo, semoga bisa menambah inspirasi dan motivasi untuk terus berkarya dan berprestasi.
Good Luck…!

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2009 Nia Cicuit. All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates